Membuat Ruang Belajar yang Nyaman

Menjadi orang tua terkadang mempunyai kesulitan untuk membuat anaknya rajin belajar, mungkin Anda salah satunya. Berbagai upaya sudah Anda jalankan agar anak Anda mau belajar dan rajin belajar, tapi terkadang anak- anak mengelak dengan berbagai alasan. Untuk membuat anak menjadi rajin belajar salah satunya adalah dengan membuat ruang belajar dan menatanya dengan kreatif sehingga membuat anak- anak menjadi nyaman.

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam menata ruang belajar bagi anak, yaitu:

  1. Usahakan ruang belajar hening. Pada saat belajar anak- anak membutuhkan konsentrasi untuk itu, ruangan belajar yang hening dan cahaya yang alami pada siang hari dapat menambah konsentrasi pada anak.
  2. Buatlah ruang belajar yang menyatu dengan kamar tidur. Untuk memaksimalkan suatu ruang terutama jika rumah Anda tidak memiliki banyak ruangan, Anda dapat membuat ruang belajar yang menyatu dengan kamar tidur anak. Anda juga bisa menggabungkan ruang bermain anak dengan ruang belajar, atau ruang kerja Anda dengan ruang belajarnya, agar saat Anda mengerjakan pekerjaan, Anda masih bisa memantau anak dalam mengerjakan tugas dan belajar.
  3. Cahaya yang cukup dan nyaman. Anda perlu memperhatikan cahaya yang masuk pada siang hari dan cahaya yang digunakan malam hari pada ruangan belajar anak. Usahakan cahaya yang masuk pada siang hari tidak terlalu silau, begitupun juga dengan cahaya yang digunakan pada malam hari. Usahakan cahaya lampu led yang digunakan tidak terlalu gelap dan terlalu terang. Anda dapat menggunakan cahaya lampu antara 200-300 lux sebagai penerangan pada ruang belajar anak.
  4. Pakailah warna terang dan netral. Pada perabotan yang Anda gunakan untuk ruang belajar anak, usahakan mempunyai warna yang terang dan netral. Anda dapat menggunakan warna putih atau pastel agar menciptakan efek tenang pada ruangan tersebut atau Anda juga dapat menyesuaikannya dengan warna yang disukai oleh anak Anda.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam membuat ruang belajar anak Anda menjadi nyaman sehingga anak- anak menjadi semangat belajar. Anda juga dapat mengunjungi website leddo.id yang menyediakan berbagai macam lampu LED dengan cahaya yang #TerangNyaman.

>> Jenis Interior Lighting

%d bloggers like this: