2-penataan-lampu

Memperindah Bangunan Berdasarkan 2 Tipe Penataan Lampu Leave a comment

Lampu menjadi salah satu item yang penting dalam pembangunan rumah pada desain interior atau eksterior. Mengapa penting? Ya, karena desain yang di gambar akan terlihat sesuai dengan aslinya menggunakan lampu dengan pemilihan yang tepat. Walaupun pemilihan lighting ini kerap kali diabaikan oleh sang pembangun rumah.

Masih banyak yang memilih lampu seadanya, yang penting ada, yang penting terang.

Namun, itu bukan keputusan yang tepat dalam mendirikan proyek pembangunan. Bukan hanya pembangunan rumah tinggal. Tapi semuanya ini harus diterapkan pada pembangunan proyek lainnya seperti cafe, kantor dan lain sebagainya.

Sangat disayangkan apabila penataan lampu yang dipilih tidaklah sesuai. Jika Anda perhatikan, pada desain interior yang digambar. Pastinya ada unsur warna, bentuk tekstur dan lain-lain.

Semuanya itu pasti diharapkan untuk dibangun secara indah. Nah, lighting adalah jawaban yang tepat untuk menonjolkan setiap warna, bentuk dan tekstur dari setiap desain Anda.

Mungkin selagi Anda membaca artikel ini, Anda bertanya. Memang ada manfaat detail dari pemilihan lampu yang tepat? Berikut ini jawabannya.

  • Lighting yang menyoroti setiap dinding ruangan akan membuat setiap warna dari dekorasi interior Anda tampak jelas dan hidup.
  • Nuansa dan mood yang tercipta dari lighting akan tercipta ketika lighting yang Anda gunakan diatur secara sempurna
  • Lighting juga akan mempertegas setiap sudut ruangan dan juga guratan demi guratan dari tekstur yang ada pada setiap furnitur interior yang Anda gunakan.

Manfaat yang cukup menarik untuk membuat desain rumah Anda sama seperti yang dibangun. Pencahayaan sendiri memiliki tipe-tipe dengan fungsi yang berbeda. Mungkin Anda perlu mengetahuinya terlebih dahulu, sehingga pemasangan lighting dapat sesuai dengan ipe dan menghindari kesalahan dalam pembelian. Berikut ini jenis lighting berdasarkan fungsinya.

 General Light

Seperti namanya, jenis lighting ini adalah jenis umum atau general. Artinya, pencahayaan ini merupakan sumber penerangan utama di bangunan Anda.

Penggunaanya dapat dilihat pada gambar di bawah ini

ruang-tamu-3

Sumber: gypsycheese.com

Pemakaian lampu pada gambar dengan menggunakan lampu downlight yang menyebarkan cahaya ke ruangan sama rata. Tujuan penggunaan lampu general ini agar seluruh ruangan terang secara menyeluruh.

Selain lampu downlight, bisa juga menggunakan lampu panel untuk ruang kantor, atau bisa juga menggunakan aplikasi tubular lamp atau lampu TL.

Pencahayaan Khusus

Pencahayaan khusus atau task lighting adalah pencahayaan yang memfokuskan pencahayaan hanya pada suatu area. Pada pencahayaan inilah, mood atau ambience tercipta pada suatu area.

Pemasangan lighting ini juga dapat membantu berbagai aktivitas seperti membaca, menulis, memasak dan lain sebagainya. Dengan adanya task lighting, penglihatan juga akan lebih baik karena terpasang sesuai dengan fungsinya.

Sumber: fashimi.com

Task lighting meliputi lampu-lampu spot seperti gambar di atas.

Nah, berdasarkan berbagai tipe-tipe lampu tersebut, artinya setiap tipe memiliki jenis-jenis yang berbeda. Ya seperti infografis di bawah ini, kita ketahui dari masa ke masa lampu memiliki berbagai macam jenis sama seperti perkembangan zaman. Melihat dari jenis lampu yang paling modern yaitu lampu LED memiliki beragam perkembangan misalkan daya lampu yang semakin kecil namun pancaran yang semakin kuat sehingga membuat penggunaan daya listrik semakin hemat.

Untuk menambah informasi Anda perihal lighting, LEDDO.id ingin membahas beberapa tips untuk memberikan kesan rumah Anda tampak lebih dramatis.

Lampu Area Tangga

Tangga yang memiliki bentuk unik akan menciptakan nuansa cantik pada setiap hasil cahaya yang terpasang pada area ini.

Anda dapat menempatkan lampu-lampu kecil yang manis pada setiap step tangga. Selain untuk menerangi, ini juga dapat memberikan aksen sebagai dekorasi dalam rumah Anda.

General Light Gantung

Memasang lampu jauh lebih fleksibel. Tak hanya terpaku dengan lampu yang dimasukkan dalam plafon saja. Anda dapat menggantung lampu-lampu general sebagai pencahayaan bangunan Anda.

Seperti lampu pendant yang digantung pada gambar di bawah ini. Desain lampunya memberikan efek yang manis dan juga berkarakter.

Sumber: kichler.com

Itulah berbagai hal yang dapat kita pelajari dari lighting. Mungkin sebagian besar bertanya. Bagaimana agar dapat membeli lampu yang tepat juga dengan pemasangan yang sesuai. Untuk itulah LEDDO.id  hadir menjawab setiap permasalahan Anda.

Tak hanya menyediakan berbagai produk lampu LED saja. LEDDO.id juga membantu Anda untuk mendesain titik lampu yang sesuai dengan ambience, suasana dan juga tema yang Anda inginkan di pada bangunan yang sedang Anda kerjakan. LEDDO.id juga sangat bersedia membantu setiap proyek yang mungkin dikerjakan oleh Anda para interior design. Kami siap membantu membuat setiap gambar 3D yang Anda buat menjadi lebih hidup. Pelayanan kami ini sangat cocok juga untuk Anda para kontraktor yang sedang mengerjakan proyek pembangunan dan memerlukan produk pencahayaan dalam jumlah yang banyak. Kami dapat membantu Anda untuk menentukan titik lampu yang tepat, sehingga Anda dapat mengeluarkan biaya yang efektif dalam pencahayaan. Selain itu, LEDDO.id juga tidak sembarangan dalam memberikan desain, kami juga melengkapinya dengan simulasi lighting yang akan disesuaikan dengan kebutuhan dan ambience yang Anda inginkan.

Hubungi LEDDO.id sekarang juga karena kami akan memberikan solusi untuk menjawab segala pertanyaan dan keluhan Anda. Klik website kami di LEDDO.id atau hubungi Vio sebagai virtual assistant kami di 0822 1000 7667, Vio dapat membantu Anda dalam menyampaikan informasi produk dan juga berbagai layanan di LEDDO.id. Dapat juga email ke vio@leddo.id. Kami siap menjadi jawaban dari semua permasalahan Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: