menata rumah menjadi natural 2

Menata Rumah menjadi Lebih Natural Leave a comment

Menata rumah tentunya menjadi salah satu aktivitas yang biasanya disukai para wanita terlebih ibu rumah tangga, sifat wanita yang menyukai keindahan tentunya menjadi nilai plus tersendiri pada saat menata setiap bagian- bagian rumah.

Bagi sebagian orang yang mudah bosan dengan konsep tertentu dan menyukai keindahan alam, konsep penataan rumah yang natural ini patut untuk dicontoh.

Menggunakan material alam

Penggunaan material alam untuk rumah ini bisa dimulai dari menggunakan furnitur yang berbahan kayu, atau Anda juga dapat menggunakan lantai dari kayu atau yang bermotif kayu dan bebatuan.

Material alam ini juga dapat Anda gunakan pada dinding yang dapat berupa menggunakan wallpaper bergambar dan bertekstur kayu dan batu bata, mengganti figura foto dengan figura yang terbuat dari kayu.

Selain itu juga, agar terkesan lebih hijau dan natural Anda dapat menambahkan beberapa tanaman di beberapa bagian rumah. Selain untuk mempercantik tampilan rumah, tanaman dan bahan- bahan dari alam ini mampu membuat perasaan menjadi tenang dan nyaman.

Mengganti warna cat

Cara selanjutnya yang dapat Anda terapkan agar rumah terasa menjadi lebih natural adalah dengan mengganti warna cat. Perlu diketahui bahwa sebaiknya warna cat disesuaikan dengan fungsi ruangan, dan untuk rumah yang natural warna- warna alam seperti putih, coklat, dan krem sangat cocok untuk digunakan. Warna- warna tersebut selain terlihat terang juga mampu memberikan kesan sederhana.

Perbanyak jendela dan gunakan pencahayaan yang tepat

Membuat rumah menjadi tampak lebih natural tentunya kurang afdol jika pencahayaan alaminya lebih sedikit dibanding pencahayaan buatan, untuk itu memperbanyak jendela atau membuat jendela dengan ukuran yang lebih besar dapat menjadi solusinya.

Namun, ukuran dan letak jendela ini juga harus disesuaikan dengan ukuran dan fungsi ruangan. Pastikan bahwa letak jendela sudah tepat sehingga matahari dapat masuk dengan baik ke dalam rumah saat siang hari.

Kemudian, untuk pencahayaan buatan yang digunakan pada area- area yang tidak dapat terjangkau oleh matahari dan digunakan pada malam hari, Anda dapat menggunakan cahaya lampu sebagai pencahayaan buatan.

Karena konsep yang Anda usung adalah konsep natural, sangat disarankan untuk menggunakan jenis lampu LED dengan jenis lampu downlight. Lampu LED dapat menghemat energi sampai 80% dibanding dengan lampu konvensional, sehingga Anda tetap dapat menjaga kenaturalan yang Anda inginkan. Selain itu juga, pilih warna cahaya yang sesuai dengan ruangan yang memiliki fungsi berbeda.

Selain ketiga tips diatas, untuk membuat rumah menjadi tampak lebih natural Anda juga dapat membuat taman kecil di halaman rumah. Taman kecil ini selain terlihat natural dan asri mampu memberikan tampilan yang indah tersendiri bagi rumah. Itulah beberapa tips yang dapat Anda tiru, jika Anda menemukan kesulitan atau masalah jangan ragu- ragu untuk meminta bantuan pada orang- orang yang sudah ahlinya dibidang tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: