komponen-lampu-led

Mengenal Komponen Lampu LED Leave a comment

Pernahkah Anda penasaran untuk melihat isi dari lampu LED yang Anda beli? Kali ini leddo.id akan membahas komponen- komponen yang dapat membentuk lampu LED. Berikut ini adalah komponennya.

  1. PCB

PCB (Printed Circuit Board) adalah papan sirkuit yang terbuat dari sejenis fiber sebagai isolator yang digunakan untuk meletakan komponen elektronika yang dipasang dan dirangkai. PCB memiliki jalur konduktor yang terbuat dari tembaga dan berfungsi sebagai penghubung antara satu komponen dengan komponen lainnya.

Tembaga pada PCB memiliki ketebalan yang berbeda, mulai dari 17 micrometer sampai dengan 35 micrometer. Bahan- bahan lainnya pada PCB yaitu paper phenolic yang biasanya berwarna coklat. Bahan ini lebih popular dan lebih murah dibanding bahan yang lain. PCB juga memiliki bermacam- macam jenis tergantung fungsinya. PCB satu sisi biasa digunakan pada rangkaian radio dan TV, PCB dua sisi digunakan untuk menghubungkan komponen di kedua sisinya, dan PCB multi side yang digunakan sebagai media penghantar, biasanya dapat ditemukan pada rangakaian PC. Pada lampu LED, PCB yang digunakan adalah PCB satu sisi.

  1. Elco

Elco adalah kondensator atau kapasitor polar yang berfungsi sebagai penyimpan arus listrik searah DC. Selain itu, elco juga mempunyai beragam fungsi mulai dari sebagai penyaring, penghemat daya listrik, dan pembangkit frekuensi. Anda dapat menemukan elco diseluruh rangkaian elektronik termasuk lampu LED.

  1. Chip

Lampu LED terdiri dari chip yang berbahan semikonduktor yang diisi penuh. Lampu LED mempunyai kecenderungan polarisasi. Chip LED mempunyai dua kutub, yaitu kutub positif dan kutub negatif dan hanya akan menyala bila diberikan arus maju. Chip pada lampu LED umumnya mempunyai tegangan rusak yang relatif rendah. Karakteristik chip lampu LED pada umumnya sama dengan karakteristik diode yang hanya memerlukan tegangan tertentu untuk dapat beroperasi. Namun, jika tegangan yang diberikan terlalu besar, maka lampu LED akan rusak.

Itulah tiga komponen penting bagi sebuah lampu LED. Tiga komponen ini perlu untuk Anda ketahui agar Anda dapat merawat lampu LED Anda agar tidak cepat rusak. Pastikan Anda memilih #LampuYangTepat agar Anda merasa nyaman, dan Anda dapat membelinya di website Leddo.id yang menyediakan berbagai macam lampu LED dengan cahaya yang #TerangNyaman.

 

>> Baca Juga Lampu Jalan Led

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: