lampu-mercury

Mengenal Lampu Merkuri Leave a comment

Apakah Anda pernah mendengar tentang lampu merkuri? Sesuai dengan namanya lampu merkuri adalah lampu yang menghasilkan cahaya karena didalamnya terdapat zat merkuri. Prinsip kerja lampu ini sama dengan lampu neon atau fluorescent. Namun yang membedakan lampu ini dengan lampu fluorescent adalah tabungnya. Lampu merkuri memiliki dua tabung, pada bagian dalam terdapat tabung kuarsa dan dibagian luar tabungnya berupa bohlam.

Tabung pertama pada lampu yang berada di dalam berisi uap gas merkuri dan argon. Saat listrik dialirkan, arus listrik yang mengalir terjadi ionisasi pada salah satu elektroda utama dan elektroda lainnya melalui gas merkuri dan argon. Ionisasi yang dialami oleh gas argon ini akan menyebar di dalam tabung menuju elektroda lain. Kemudian panas yang timbul dari proses tersebut akan menguapkan gas merkuri sehingga menyebabkan tekanan gas di dalam tabung meningkat, dan hal tersebutlah yang menyebabkan lampu merkuri ini dapat menghasilkan cahaya.

Ada beberapa jenis lampu merkuri yang dapat ditemukan dilingkungan sekitar, seperti berikut ini.

  1. Lampu merkuri fluorescent. Lampu ini mencampurkan gas merkuri, gas argon, dan gas fluorescent. Di dalam tabung lampu ini terdapat gas merkuri dan gas argon dan di bagian dalamnya dilapisi serbuk fosfor. Fungsi dari serbuk fosfor adalah untuk merubah radiasi ultraviolet menjadi cahaya. Lampu merkuri fluorescent ini biasa dipakai pada penerangan jalan dan industri.
  2. Lampu merkuri reflektor. Lampu ini biasa dipakai oleh industri ketinggian 10-20 meter karena lampu ini dirancang hanya untuk penerangan kebawah dan bohlam yang menjadi reflektornya langsung. Jenis lampu ini sama dengan lampu merkuri fluorescent hanya saja lampu ini rancang untuk menembakan cahaya kebawah.
  3. Lampu merkuri blended. Jenis lampu ini merupakan bentuk kombinasi dari lampu pijar dan lampu fluorescent. Namun lampu ini tidak membutuhkan ballast karena filamen tungsten dihubungkan secara seri dengan salah satu elektroda yang berfungsi untuk membatasi arus saat lampu bekerja. Lampu merkuri blended ini sering digunakan sebagai pengganti lampu pijar untuk penerangan bidang industry dan komersial karena lebih menguntungkan dan biaya pemasangannya lebih murah.
  4. Lampu merkuri halide. Lampu halide adalah lampu yang sama dengan jenis lampu fluorescent, yang membedakan adalah pada penyalaan awal lampu ini membutuhkan tegangan yang lebih tinggi. Lampu ini biasa digunakan untuk penerangan komersial, seperti ruang pameran atau penerangan lapangan bola.

Itulah penjelasan singkat lampu merkuri, walaupun lampu jenis ini terlihat memiliki umur lampu yang lebih panjang atau kualitas CRI yang lebih baik, namun lampu ini masih kalah dengan lampu jenis LED. Tentunya, lampu LED lebih unggul dibandingkan jenis lampu merkuri ini, baik dalam segi umur lampu maupun ramah lingkungannya. Anda dapat membeli lampu LED yang #TerangNyaman di website leddo.id yang menyediakan berbagai macam lampu LED sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

>> Komponen Lampu Led

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: