lampu-tl

Mengenal Perbedaan Lampu TL Fluorescent dan TL LED Leave a comment

Lampu TL (Tube Lamp/ Tube Luminescent) merupakan jenis lampu yang paling banyak digunakan di pabrik, gudang, gedung perkantoran dan sekolah. Ini karena harganya yang lebih murah dan karena bentuknya yang panjang seperti tabung maka cahayanya lebih menyebar. Saat ini ada dua jenis lampu TL yang banyak dipasaran, yaitu TL fluorescent dan TL LED. Namun tahukah Anda perbedaan dari kedua jenis lampu tersebut? Simak perbedaannya berikut ini.

  1. Pada lampu jenis TL fluorescent untuk menghidupkannya memerlukan starter dan ballast. Fungsi starter pada lampu ini yaitu sebagai saklar otomatis untuk membantu memanaskan elektroda dalam proses pemindahan elektron pada tabung fluorescent. Sedangkan fungsi ballast pada lampu ini adalah sebagai pembatas besarnya arus dan menstabilkan arus agar dapat mengoperasikan lampu tersebut. Lampu TL LED tidak memerlukan ballast lagi, karena arusnya sudah stabil dan di desain agar tidak memakan banyak energi yang biasa dihasilkan oleh ballast.
  2. Hemat energi. Karena lampu jenis TL fluorescent masih menggunakan kawat pijar dan ballast, energi yang diperlukan oleh lampu jenis ini akan cukup besar, berbeda dengan lampu TL LED yang hanya memakai diode dan tidak memakai ballast lagi sehingga dapat menghemat listrik sampai 60% dari pemakaian lampu jenis TL fluorescent.
  3. Ramah lingkungan. Lampu TL fluorescent yang masih berisi merkuri dan gas argon menyebabkan lampu jenis ini tidak ramah lingkungan. Sedangkan lampu LED TL sudah tidak menggunakan zat berbahaya yang dapat mengganggu kesehatan dan lingkungan menjadikannya sebagai lampu yang ramah lingkungan.

Itulah tiga perbedaan yang ada pada lampu jenis TL fluorescent dan TL LED. Anda dapat mengunjungi website leddo.id untuk mendapatkan lampu sesuai kebutuhan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: