pencahayaan-toko-ritel

Menyiapkan Pencahayaan Toko Ritel

Seperti yang sudah pernah dibahas, ada beberapa jenis pencahayaan pada toko, diantaranya adalah pencahayaan umum, accent lighting, task lighting, dan pencahayaan dekoratif. Selain itu juga ada banyak jenis lampu yang dapat Anda gunakan untuk mempercantik toko yang Anda miliki termasuk dengan menggunakan lampu LED. Setelah memahami beberapa jenis pencahayaan yang dapat digunakan pada toko, kali ini leddo.id akan membahas mengenai cara menyiapkan beberapa jenis pencahayaan tersebut.

  1. Membeli lampu LED yang tepat. Tidak seperti lampu jenis lainnya yang kurang konsisten dengan warna lampu yang dimiliki, lampu LED memiliki warna lampu yang konsisten dan dapat dipadupadankan dengan warna lampu lainnya. Anda dapat membeli beberapa lampu LED dengan warna yang berbeda- beda.
  2. Jangan biarkan pelanggan Anda terbakar. Anda tidak ingin bukan pelanggan Anda merasa tidak nyaman karena suhu di dalam toko terlalu panas? Walaupun sudah menggunakan AC memakai lampu yang tidak tepat juga dapat meningkatkan suhu ruangan, untuk itu Anda perlu memilih lampu yang tidak menghasilkan panas seperti lampu LED. Anda dapat membandingkannya dengan lampu konvensional, sudah pasti yang paling panas adalah lampu pijar.
  3. Perhatikan warna lampu dan nilai CRI (Color Rendering Index). Setiap sumber cahaya memiliki warna alaminya termasuk juga lampu. Ada berbagai macam warna lampu, jika Anda ingin warna lampu yang hangat dan hasil cahaya yang menenangkan dan nyaman Anda dapat memilih lampu dengan warna 2700K – 3000K. Untuk menghasilkan warna sebenarnya dan cahaya yang lebih alami, Anda dapat menggunakan warna 4000K – 4500K, warna lampu ini sering digunakan pada dressing room atau ruang ganti pada toko baju. Setelah menentukan warna lampu, Anda dapat mempertimbangkan CRI pada lampu. CRI adalah pengukuran bagaimana cahaya menunjukkan warna produk yang sebenarnya. Semakin tinggi angka index pada lampu, maka semakin terlihat jelas warna produk yang sebenarnya dibawah lampu tersebut.
  4. Gunakan cermin untuk memantulkan cahaya dan mencerahkan toko. Meski secara teknis cermin bukan perlengkapan pencahayaan, namun cermin dapat menjadi alternatif yang bagus dalam memantulkan cahaya dan mencerahkan toko. Selain itu, toko Anda juga akan terlihat berkelas jika menggunakan perpaduan antara cermin dan lampu yang tepat.
  5. Berani menggunakan accent lighting dan task lighting pada toko. Beberapa pemilik usaha terkadang untuk menghemat biaya operasional sering kali mengabaikan pentingnya menggunakan accent lighting dan task lighting. Padahal, accent lighting dan task lighting mempunyai peran penting, kedua jenis pencahayaan ini berfungsi untuk menyinari produk Anda dan menjaga area kerja di toko berjalan dengan lancar. Pencahayaan yang tepat dengan menggunakan accent lighting dapat membantu menonjolkan nilai pada produk tersebut.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk memilih pencahayaan pada toko Anda. Jika Anda membutuhkan lampu LED sebagai pencahayaan pada toko, Anda dapat mengunjungi website leddo.id yang menyediakan berbagai macam lampu LED dengan cahaya #TerangNyaman dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

>> Penataan Ruang Kantor

%d bloggers like this: