2-aplikasi-pencahayaan

Pahami 2 Aplikasi Pencahayaan untuk Membuat Bangunan Lebih Menarik Leave a comment

Sebagai seorang designer, sering kali harus memadukan antara desain dan juga pencahayaan. Ya, karena mereka memang mungkin tak dapat dipisahkan. Lighting melengkapi desain sang bangunan dan tanpa bangunan estetika lighting tidak akan terlihat. Maka dari itu sebagai seorang desainer, Anda memerlukan banyak sekali informasi yang berkaitan dengan lighting.

Nah kali ini LEDDO.id ingin membahas sedikit mengenai aplikasi dari lighting untuk bangunan. Ternyata lampu memiliki 2 aplikasi yaitu outdoor dan indoor. Pemakaian kedua aplikasi ini pun sungguh sangat berbeda.  Ya, walau kita tahu, kedua aplikasi lighting tersebut memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai sumber pencahayaan, namun bentuk dan juga spesifikasi yang berbeda. Perbedaan tersebut membuat kita harus memperhatikannya sebelum menginstalasi lampu-lampu tersebut agar tidak menjadi berbahaya. Apa perbedaanya? Berikut ini pembahasan detailnya.

aplikasi-pencahayaan

Sumber: hydrel

Lampu Indoor

Lampu indoor adalah lampu biasa dipasang di dalam ruangan seperti namanya. Desain pada lampu ini adalah khusus pemasangan dalam ruangan. Lampu ini biasa tidak tahan terhadap air karena memiliki IP yang berbeda dengan lampu outdoor. Desain yang dibuat juga biasa lebih simple dan mudah dipasang. Hal ini dibuat untuk memudahkan sang penggunanya. Pemakaian lampu indoor ternyata dapat menciptakan suasana dan menghidupkan ruang di dalam bangunan.

aplikasi-pencahayaan-2

Sumber: rentalescapes.com

Lampu outdoor

Lampu outdoor adalah lampu yang didesain khusus untuk pemasangan di luar ruangan seperti taman, teras, kolam renang, kolam ikan, balkon, facade lighting bangunan dan lain sebagainya.

 

Dalam artikel kali ini kita akan membahas lebih jauh mengenai lampu outdoor. Desain lampu ini harus dilengkapi dengan pengaman tambahan dan dipastikan kedap air. Lampu outdoor harus memiliki IP di atas 67. Dalam IP tersebut juga menentukan apa lampu tersebut bisa direndam dalam air atau hanya biasan air.  Oleh karena itu, dalam memasang lampu outdoor, Anda harus lebih memperhatikan secara detail spesifikasi dari lampu-lampu tersebut. Jadi lampu outdoor yang Anda miliki dapat aman ketika terkena hujan atau biasan air ketika menyiram tanaman.

Berikut ini adalah spesifikasi yang aman untuk pemakaian lampu outdoor. Berbeda dengan lampu interior, lampu eksterior memiliki spesifikasi tersendiri karena mengingat peruntukkannya adalah untuk diluar ruangan sehingga bahan dan ketahanan juga menjadi aspek penting bagi lampu eksterior.

– IP Rating yang tinggi

Salah satu spesifikasi yang harus dimiliki oleh lampu yang akan diaplikasikan diluar ruangan adalah memiliki IP Rating.. Apa itu IP? Kode IP dengan kepanjangan “Ingress Protection” seperti yang didefinisikan dalam standar internasional IEC 60529, dimana IP rating tersebut mengklasifikasikan derajat atau tingkat perlindungan yang diberikan dari suatu peralatan listrik. Perlindungan tersebut merupakan perlindungan terhadap gangguan sentuhan tangan, debu, air dan lain sebagainya. Maka dari itu untuk pencahayaan outdoor sangat disarankan untuk menggunakan IP yang tinggi.  Seperti yang tadi di bahas di atas, IP lampu untuk outdoor minimal 67. Nilai IP Rating 67 ini menunjukkan bahwa lampu tersebut akan tahan terhadap situasi luar ruangan seperti air hujan.

– Voltase 12V

Penggunaan voltase pada lampu eksterior juga ternyata berbeda dan perlu diperhatikan, jika pada umumnya saat ini lampu memiliki voltase 220V, namun untuk penggunaan luar ruangan lampu eksterior disarankan yang masih 12V. Hal ini dilakukan untuk menjaga dan menghindari terjadinya arus pendek atau kesetrum yang bisa saja terjadi.

Jenis-jenis lampu outdoor ada berbagai macam seperti flood light, step light, wall lamp, wall-washer dan spike lamp. Dalam memasang lampu outdoor, biasanya ada teknik khusus yang dapat menciptakan desain dramatis yang membuat suasana taman menjadi lebih indah dan dramatis. Berikut ini adalah beberapa inspirasi teknik pemasangan lampu outdoor.

  • Spot Lighting: digunakan untuk menyorot bagian yang ingin ditonjolkan. Caranya Letakkan lampu yang cahaya menyorot dari atas atau arah depan objek.
  • Up lighting sesuai dengan namanya lampu ini menghasilkan cahaya yang di sorot ke atas.
  • Gunakan teknik silhouetting atau menampilkan siluet juga dapat diaplikasikan dengan menempatkan lampu di belakang objek-objek yang ingin diberikan refleksi bayangan.
  • Ada juga yang dinamakan dengan teknik shadow lighting, digunakan untuk menguatkan kesan berbayang pada pepohonan.

Perlu juga Anda informasikan kepada sang owner bahwa dalam merawat lampu outdoor ini juga harus cara yang lebih maksimal dibandingkan lampu biasa. Selain dikarenakan harga lampu outdoor lebih mahal daripada lampu indoor estetika juga akan berkurang ketika lampu tidak terawat dengan baik. Sebagus apapun lampunya, akan pecuma jika perawatannya tidak baik, karena itu menyebabkan lampu tidak akan bertahan lama.

tips-perawatan-lampu

Dapat dilihat dari infografis di atas cara merawat lampu outdoor dengan baik dan benar agar lampu yang kita beli dengan harga yang lumayan akan dapat menginvestasi taman rumah Anda jadi lebih cantik.

Cukup menarik bukan pembahasan mengenai spesifikasi lampu khusus untuk outdoor. Berbagai macam aplikasi lampu ini memang sangat luas. Nah maka dari itu, pemakaiannya dapat dimodifikasi untuk meningkatkan hasil desain dan juga bangunan yang Anda bangun. Bagi Anda yang kesulitan dalam memadukan lighting dengan desain yang Anda buat, sekarang tidak perlu khawatir. Percayakan segala kebutuhan lighting proyek Anda pada kami. Kami dapat menjadi solusi bagi Anda seorang designer untuk menciptakan bangunan yang pas dan disukai oleh customer Anda. Kami akan membantu nilai jual jasa design Anda jadi lebih tinggi dengan konsultasi pencahayaan dan juga beberapa layanan yang kami berikan.

Ya, LEDDO.id hadir bukan hanya menjual berbagai produk lampu LED saja. LEDDO.id juga membantu Anda untuk mendesain titik lampu yang sesuai dengan ambience, suasana dan juga tema yang Anda inginkan di pada bangunan yang sedang Anda kerjakan. LEDDO.id juga sangat bersedia membantu setiap proyek yang mungkin dikerjakan oleh Anda para designer bangunan. Pelayanan kami ini sangat cocok juga untuk Anda para kontraktor yang sedang mengerjakan proyek pembangunan dan memerlukan produk pencahayaan dalam jumlah yang banyak. Kami dapat membantu Anda untuk menentukan titik lampu yang tepat, sehingga Anda dapat mengeluarkan biaya yang efektif dalam pencahayaan. Selain itu, LEDDO.id juga tidak memberikan desain yang asal, kami juga melengkapinya dengan simulasi lighting yang akan disesuaikan dengan kebutuhan dan ambience yang Anda inginkan.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Hubungi LEDDO.id sekarang juga karena kami akan memberikan solusi untuk menjawab segala pertanyaan dan keluhan Anda. Terutama mengatasi segala kesulitan yang mungkin sering Anda alami sebagai designer interior dan juga arsitek. Klik website kami di LEDDO.id atau hubungi Vio sebagai virtual assistant kami di 0822 1000 7667, Vio dapat membantu Anda dalam menyampaikan informasi produk dan juga berbagai layanan di LEDDO.id. Dapat juga email ke vio@leddo.id. Kami siap menjadi jawaban dari semua permasalahan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: