tips-penataan-lampu-spot-led

Pahami 3 Keunggulan dan Tips Penataan Lampu Spot LED Leave a comment

Memberikan pencahayaan pada ruangan sudah pasti sangat diperlukan agar ruangan terlihat terang dan nyaman untuk digunakan. Namun sekedar terang pun tidak cukup, untuk itulah sebaiknya ada beberapa jenis pencahayaan yang digunakan pada suatu ruangan untuk memaksimalkan fungsi ruangan tersebut salah satunya adalah dengan menggunakan lampu spot/ lampu sorot.

Lampu spot ini juga memiliki berbagai macam bentuk, ada yang bentuknya downlight dan dikenal dengan nama downlight spot, ada juga yang berupa bohlam/ bulb seperti MR16, GU10, dan PAR, serta ada yang berupa lampu track.

Masing- masing jenis lampu spot ini memiliki fungsinya masing- masing sesuai dengan pengaplikasian yang diterapkan di ruangan tersebut.

Jika berbicara mengenai lampu spot secara umum, sedikitnya ada 3 keunggulan fungsi dari lampu spot, yaitu:

tips-penataan-lampu-spot-led-2

Sumber: modern furniture

– Menonjolkan suatu objek

Fungsi pertama dari lampu spot yang bisa langsung kita lihat dan rasakan adalah menonjolkan bagian tertentu dari sebuah objek. Ini dapat kita temukan saat berada dalam galeri lukisan atau museum dimana sebagian besar pencahayaan yang digunakan berasal dari lampu sorot/ spot yang langsung menyorot objek seperti lukisan.

Dengan sorotan sinar cahaya lampu spot ini dapat membuat objek lukisan yang disorot menjadi istimewa atau terlihat lebih nyata dan hidup.

Sumber: arcadianhome.com

– Mempermanis ruangan

Selain itu juga, lampu spot memiliki keunggulan fungsi untuk mempermanis ruangan. Dengan pembentukan sudut yang lebih kecil dibanding lampu lainnya, cahaya yang dihasilkan oleh lampu spot dapat membentuk sudut tertentu sehingga cahaya yang jatuh pada objek yang disorot dapat terfokus dengan baik.

tips-penataan-lampu-spot-led-4

Sumber: rsynews.com

– Memberikan efek & mood tertentu

Keunggulan fungsi lainnya dari lampu spot adalah dapat memberikan efek dan mood tertentu pada ruangan. Hal ini masih berhubungan dengan fungsi lampu spot dalam mempermanis ruangan dan menonjolkan bagian tertentu pada objek.

Lampu spot umumnya memiliki warna cahaya warm white yang secara psikologis memberikan efek tenang dan dramatis, sehingga ketika ruangan menggunakan lampu spot maka mood ruangan menjadi lebih dramatis dan romantis.

Setelah mengetahui apa saja yang menjadi keunggulan dari fungsi lampu spot, dibawah ini ada beberapa tips dalam menata lampu spot pada ruangan yang dapat Anda terapkan.

tips-penataan-lampu-spot-led-5

Sumber: google

– Lampu spot sebagai peng-highlight dinding

Mewarnai dinding dengan cahaya lampu sorot? Mengapa tidak? Anda bisa menerapkannya pada dinding yang memiliki tekstur atau motif unik sehingga cahaya lampu yang jatuh pada objek dinding dapat menonjolkan tekstur- tekstur tersebut.

Sumber: aliciajuarrero.com

– Sebagai task lighting yang membantu melakukan aktivitas tertentu

Sumber: johncullenlighting.com

– Sebagai penunjuk/ penanda jalan

Anda juga bisa menggunakan lampu spot pada alur tangga seperti gambar diatas, lampu spot pada tangga ini selain dapat digunakan untuk mempercantik area tangga dapat juga digunakan sebagai penanda arah dan keamanan pada saat seseorang sedang menaiki atau menuruni anak tangga.

Cukup mudah bukan dalam menata lampu menggunakan lampu spot? Nah, sebelum Anda pada akhirnya membeli lampu spot untuk diaplikasikan kedalam project pembangunan, berikut ini ada beberapa tips dalam memilih lampu spot yang sesuai.

– Ketahui fungsi dan tujuan

Sebelum membeli dan menggunakan lampu spot, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu fungsi ruangan dan tujuan digunakannya lampu spot tersebut. Misalnya jika fungsi ruangan tersebut adalah kafe dan digunakan untuk makan kemudian lampu spot tersebut diaplikasikan hanya sebagai pemanis ruangan untuk area indoor, maka Anda dapat menentukan lampu spot seperti apa yang cocok untuk digunakan.

– Perhatikan spesifikasi dan material lampu

Setelah mengetahui fungsi ruangan dan tujuan aplikasi lampu, Anda perlu memerhatikan spesifikasi yang dimiliki oleh lampu spot tersebut. Perlu untuk Anda ketahui bahwa jika Anda menginginkan hasil yang maksimal maka Anda perlu memerhatikan lumen dan CRI yang dimiliki oleh lampu tersebut.

Lumen adalah nilai yang digunakan untuk mengukur seberapa terang lampu tersebut mengeluarkan cahaya, jadi bukan dilihat dari berapa besar watt sebuah lampu atau warna yang dimiliki oleh lampu tersebut.

Sedangkan CRI adalah nilai dari kemampuan sebuah lampu dalam mengeluarkan warna asli benda yang disinarinya. Umumnya nilai CRI lampu adalah 80, namun jika Anda menginginkan hasil yang lebih maksimal Anda bisa menggunakan lampu dengan CRI diatas 80.

– Gunakan lampu hemat energi

Tips terakhir sebelum Anda memutuskan untuk memilih lampu spot, pilihlah lampu yang hemat energi seperti lampu LED tentunya selain untuk menghemat biaya listrik lampu LED juga menghasilkan cahaya yang lebih terang.

Itulah beberapa tips yang dapat LEDDO.id berikan pada Anda mengenai pencahayaan lampu spot. Jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah mengenai pencahayaan Anda dapat menghubungi LEDDO.id melalui telepon/ Whatsapp ke 0822-1000-7667. Kami siap membantu Anda memberikan solusi pencahayaan yang sesuai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: