penataan-ruang-keluarga

Penataan Ruang Keluarga Menjadi Nyaman

Mempunyai ruang keluarga yang nyaman tentunya menjadi impian bagi semua orang, di ruang keluarga semua anggota keluarga berkumpul dan menghabiskan waktunya bersama sembari bersantai melepas lelah. Oleh karena itu, penataan ruang keluarga sangat diperlukan agar saat berkumpul menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Ada banyak cara yang bisa digunakan dalam menata ruang keluarga, semuanya itu tergantung selera dan kapasitas ruangan dalam suatu rumah. Namun, ada beberapa langkah umum yang dapat digunakan dalam penataan ruang keluarga agar menjadi nyaman.

  1. Memilih tema ruangan. Ada banyak tema yang dapat digunakan untuk membuat ruang keluarga menjadi nyaman, jika Anda adalah pasangan muda yang baru menikah Anda dapat memilih tema modern yang terkesan simple dan stylish, kemudian jika Anda adalah pecinta hal- hal klasik, Anda dapat memilih tema ruang tamu klasik, retro, atau vintage. Namun, jika Anda lebih menyukai desain yang ditengah- tengah antara klasik dan modern, Anda dapat memilih tema kontemporer sebagai tema ruang keluarga.
  2. Pemilihan sofa. Beberapa keluarga mungkin lebih menyukai ruang keluarga yang menggunakan sofa, namun ada juga keluarga yang lebih menyukai aktifitas yang langsung dilantai. Karena itu, Anda dapat memilih antara menggunakan sofa atau tidak. Jika Anda menyukai keduanya, Anda dapat menggunakan sofa dengan bentuk minimalis dan menambahkan karpet lembut ditengahnya sehingga Anda dapat melakukan aktifitas di sofa maupun lesehan.
  3. Tentukan warna ruangan. Memilih warna untuk ruang keluarga perlu diperhatikan karena warna dapat menciptakan suasana tertentu pada suatu ruang. Anda dapat menggunakan warna netral dan lembut untuk memberikan kesan nyaman, seperti warna putih gading, coklat, beige, dan abu- abu, atau Anda juga bisa menggunakan warna- warna pastel.
  4. Memilih dan menempatkan furnitur. Setelah menentukan warna ruangan, saatnya Anda memilih furnitur yang tepat sesuai dengan teman dan warna ruangan. Sesuaikan warna furnitur dengan warna pada ruangan agar terlihat seimbang dan menyatu serta tidak kontras. Penempatan furnitur juga perlu diperhatikan agar ruangan tidak menjadi sempit.
  5. Pemilihan pencahayaan. Langkah penting lainnya dalam menata ruang keluarga yaitu pemilihan pencahayaan. Ada baiknya Anda menggunakan dua jenis pencahayaan, yaitu pencahayaan alami dan buatan. Aturlah siklus sinar matahari yang dapat masuk ke ruang keluarga dengan baik yang dapat menerangi ruang keluarga secara keseluruhan, kemudian saat malam hari gunakan lampu led dengan pencahayaan menyeluruh sehingga dapat menerangi ruang keluarga dengan baik. Anda juga dapat menggunakan lampu sorot untuk menonjolkan benda- benda tertentu di ruang keluarga, seperti piagam, lukisan, atau foto keluarga.

Langkah- langkah diatas dapat Anda terapkan dalam penataan ruang keluarga agar menjadi lebih nyaman. Jika Anda mengalami kesulitan dan membutuhkan solusi pencahayaan, Anda dapat menghubungi leddo.id dan mengunjungi website leddo.id yang menyediakan berbagai macam produk pencahayaan yang #TerangNyaman.

>> Lampu Cafe Unik

%d bloggers like this: