pencahayaan-toko-baju

Pencahayaan yang Harus Dimiliki Toko Baju

Bagi wanita khususnya, ketika hendak membeli baju disebuah butik atau toko baju, pasti melihat tampilan baju yang dipajang di depan toko, sehingga bagi pemilik toko baju Anda perlu memperhatikan tatanan yang Anda pakai dalam toko baju Anda. Salah satu aksesoris penting bagi dunia fashion adalah pencahayaan.

Pencahayaan yang tepat akan membuat pengunjung semakin penasaran dengan produk baju yang Anda pasarkan, untuk itu ada beberapa trik yang dapat Anda praktekkan dalam memilih pencahayaan bagi toko baju Anda, yaitu:

  1. Tunjukkan warna asli. Ketika seseorang terutama para wanita mengunjungi butik atau toko baju salah satu yang menarik minat mereka adalah karena warna dari produk pakaian yang dipajang sangat eye-catching dan membuat mereka penasaran dengan modelnya. Untuk itu Anda perlu memperhatikan nilai CRI lampu yang Anda gunakan yaitu 90. Dengan nilai CRI 90, pelanggan akan dapat melihat pakaian sedekat mungkin dengan warna “sebenarnya”. Solusinya adalah Anda dapat menggunakan lampu LED yang dapat memberikan tingkat ketepatan warna dan pencahayaan yang tinggi.
  2. Perhatikan warna lampu. Berkaitan dengan warna asli pada pakaian dan jadi atau tidaknya pengunjung membeli produk, Anda juga perlu memperhatikan warna lampu yang Anda gunakan. Untuk sebuah toko baju atau butik yang memiliki berbagai macam koleksi, Anda tidak disarankan hanya memakai satu warna lampu, karena akan membuat produk jadi kurang menarik. Jika di toko Anda menjual pakaian hangat atau yang berbahan kulit, Anda dapat menggunakan lampu dengan warna 2700K – 3000K, untuk pakaian berwarna hitam seperti jas memerlukan warna yang terkesan lebih dingin sekitar 4000K, dan untuk aksesoris dan perhiasan juga memerlukan warna lampu yang lebih cerah, yaitu sekitar 4500K – 6500K.
  3. Bersinar dengan lampu sorot. Selain untuk memamerkan warna pada koleksi produk, pencahayaan juga bisa digunakan untuk menyinari bagian tertentu dari toko, jenis pencahayaan yang digunakan adalah accent lighting dengan jenis lampunya yaitu lampu spot yang memungkinkan cahayanya menjadi terpusat pada suatu benda seperti manekin. Sebagai saran, Anda dapat menggunakan lampu spot LED yang bersifat fleksibel dengan tambahan track sehingga ketika Anda ingin melakukan perubahan konsep, pencahayaan dapat mudah dipindahkan.
  4. Tata letak pencahayaan. Anda perlu memahami jenis tata letak pencahayaan secara umum yaitu pencahayaan langsung (direct lighting/ ambient lighting), accent lighting dan decorative lighting. Ketiga jenis pencahayaan ini memiliki fungsinya masing- masing sehingga ketika Anda dapat mengombinasikannya dengan porsi yang tepat maka akan membuat toko baju Anda semakin menawan. Untuk saran, Anda dapat menggunakan lampu LED berjenis LED strip sebagai accent lighting pada etalase dan menggunakan lampu gantung pada pencahayaan decorative lighting.
  5. Memilih cahaya yang tepat. Anda dapat menggunakan lampu LED pada toko baju Anda karena lampu LED memiliki kualitas lampu yang lebih unggul dibanding lampu jenis lainnya, efisiensi energi yang diatas rata- rata, umur lampu yang sangat panjang dan desain lampu yang inovatif. Seperti yang kita tahu bahwa lampu LED mempunyai keunggulan menghasilkan lampu yang tidak panas sehingga dapat ditempatkan didekat produk fashion seperti pada rak atau etalase tanpa merusak rak, etalase, produk, maupun lampu itu sendiri.

Demikianlah beberapa trik yang dapat Anda terapkan untuk membuat toko baju Anda semakin menarik. Anda juga dapat mengunjungi website leddo.id yang menyediakan berbagai macam lampu LED #TerangNyaman dan dapat Anda gunakan pada toko baju Anda.

>> Jenis Interior Lighting

%d bloggers like this: