pencahayaan-rumah-sakit

Pentingnya Pencahayaan di Rumah Sakit

Pencahayaan merupakan aspek penting untuk disemua tempat, termasuk rumah sakit. Pencahayaan yang kurang dapat mengganggu pelayanan kesehatan di rumah sakit, dan dapat menimbulkan masalah kesehatan. Sistem pencahayaan pada rumah sakit harus dipilih mulai dari yang mudah penggunaannya, keefektifan, nyaman untuk penglihatan, tidak menghambat kelancaran kegiatan, tidak mengganggu kesehatan terutama dalam ruang- ruang tertentu dan menggunakan energi yangn seminimal mungkin.

Karena rumah sakit merupakan fasilitas pelayanan publik dan memiliki peran penting bagi kesehatan manusia, maka pada rumah sakit sudah terdapat standar pencahayaan yang dibuat oleh departemen kesehatan sehingga ketika seseorang akan membangun rumah sakit, harus memperhatikan setiap standar pencahayaan pada setiap ruang dari rumah sakit tersebut.  Setiap ruangan yang ada pada suatu rumah sakit juga mempunyai standar tersendiri mengenai pencahayaan yang dibutuhkan, sehingga tidak bisa menggunakan pencahayaan yang sembarangan.

Untuk ruang pasien, intensitas cahaya yang biasa disebut lux berkisar antara 100-200 lux dengan warna cahaya sekitar 4000K, sedangkan pada ruang operasi intensitas cahaya yang dibutuhkan berkisar antara 300 – 500 lux, dan untuk intensitas cahaya pada meja operasi membutuhkan nilai yang lebih tinggi dengan warna cahaya yang sejuk dan tidak menimbulkan bayangan.

Pencahayaan pada setiap ruangan rumah sakit juga memiliki fungsi dan perannya masing- masing dalam membantu jalannya rumah sakit. Ruang perawatan pada rumah sakit membutuhkan campuran pencahayaan fungsional yang seimbang untuk melakukan pemeriksaan atau perawatan dan pencahayaan yang sejuk untuk menenangkan pasien. Pada ruang rehabilitasi, menggunakan pencahayaan yang dapat mensimulasikan sinar matahari secara alami dalam warna dan kecerahan cahaya dapat membantu proses penyembuhan. Selain pencahayaan fungsional, pada ruang pasien membutuhkan solusi pencahayaan yang dapat menciptakan suasana menyenangkan dan bisa disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan, aktivitas, dan situasi pasien yang berbeda.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, karena rumah sakit merupakan fasilitas kesehatan dimana lampu akan menyala selama 24 jam dalam sehari, dan 7 hari dalam seminggu, maka proporsi listrik yang digunakan juga dapat meningkat sebanyak 50 persen dibanding dengan penggunaan listrik pada peralatan lainnya. Oleh karena itu, untuk rumah sakit sangat disarankan menggunakan pencahayaan dengan lampu LED yang memerlukan penggantian lampu dan sistem yang lebih sedikit, sehingga dapat menekan biaya operasional dan perawatan lampu di rumah sakit. Anda dapat mengunjungi website leddo.id untuk menemukan berbagai macam lampu LED yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan cahayanya #TerangNyaman.

 

>> Kesalahan Dalam Dekorasi Cafe

%d bloggers like this: