Pentingnya Pencahayaan sebagai Pendukung Hasil Karya Desainer Interior Leave a comment

Bagi seorang seniman ruang dan bangunan seperti desainer interior maupun arsitek tentu yang menjadi penilaian dari profesinya adalah hasil karya desain yang bagus dan sesuai dengan keinginan klien.

Untuk itu para desainer interior dan arsitek terus melakukan inovasi terhadap kemampuannya dalam merancang suatu desain ruang dan bangunan agar tampak seperti yang diinginkan oleh klien.

Ada beberapa hal yang dapat menjadi keuntungan tersendiri bagi desainer interior maupun arsitek saat hasil karyanya memuaskan, yaitu memiliki portfolio yang bagus. Seperti yang kita tahu bahwa portfolio sangat dibutuhkan oleh setiap seniman ruang dan bangunan untuk dapat terus berkarya dan melalui portfolio tersebut desainer interior dan arsitek dapat dipercayakan untuk mengerjakan project pembangunan lainnya sehingga dapat bekerja sama secara long term dengan owner.

Lalu, bagaimana cara membuat hasil karya desain ruang dan bangunan yang sempurna? Apa saja faktor yang mempengaruhi hasil desain yang telah dirancang dan dikerjakan?

Sedikitnya ada 3 faktor yang mempengaruhi hasil desain yang telah dikerjakan, yaitu:

Sumber: outsourcing-pharma.com

– Karakteristik klien

Untuk membuat hasil karya yang memuaskan bagi klien tentunya kita perlu mengetahui keinginan dan karakteristik dari klien itu sendiri. Ketika kita sudah mengetahui apa yang disukai oleh klien dan apa yang dibutuhkan oleh klien tentu kita semakin mudah untuk merancang desain itu sendiri.

Sumber: squarespace.com

– Pemilihan material

Setelah mengetahui karakteristik klien, saatnya memilih material proyek yang sesuai. Mulai dari bahan dasar/ raw material seperti kayu, semen, pasir, hingga furniture tentunya harus dipilih berdasarkan keinginan yang hendak dicapai oleh klien.

Pemilihan material juga berbicara mengenai pemilihan kualitas yang akan digunakan. Anda bisa mendiskusikannya dengan klien untuk memastikan kembali sehingga dapat terlihat seperti apa hasil akhirnya nanti.

Sumber: pinterest.com

– Penempatan pencahayaan

Kemudian untuk mendukung desain yang telah dirancang agar semakin menarik, Anda perlu memperhitungkan dan memperhatikan penempatan pencahayaan pada area ruang dan bangunan tersebut.

Penempatan/ penataan pencahayaan yang kurang tepat dapat mempengaruhi hasil akhir dari karya desain yang telah Anda buat. Hal ini dikarenakan pencahayaan pada suatu area merupakan pendukung agar area tersebut dapat terlihat/ terekspos dengan baik. Sehingga ketika pencahayaan yang dipilih kurang sesuai dapat mengurangi nilai keindahan area tersebut.

Pemilihan pencahayaan yang sesuai ini tak hanya dilihat dari besarnya daya suatu produk pencahayaan/ lampu yang mampu dikeluarkan, tapi juga dilihat dari pemilihan warna lampu dan pemilihan kemampuan lampu mengeluarkan warna asli objek yang disorot.

Pemilihan warna lampu yang kurang tepat akan membuat suasana ruang menjadi berbeda, begitu pula dengan pemilihan kemampuan lampu mengeluarkan warna asli objek yang disorot atau yang biasanya disebut dengan CRI. Ketika warna lampu dan nilai CRI yang dipilih sudah sesuai dan jenis lampu yang dipilih juga sudah sesuai dengan fungsi dan peruntukkan ruang dan bangunan, maka karya desain pun dapat terlihat lebih menarik.

Karena hal itulah LEDDO.id mengajak para desainer interior dan arsitek untuk bekerja bersama untuk menciptakan karya desain yang memuaskan melalui penataan pencahayaan.

LEDDO.id dapat menjadi partner Anda dalam hal konsultan pencahayaan yang dapat memberikan konsultasi berupa penggunaan jenis lampu yang tepat dan simulasi pencahayaan yang sesuai dengan yang inginkan klien, serta LEDDO.id juga dapat menjadi partner Anda dalam mensuplai kebutuhan pencahayaan di project.

Untuk bekerja sama dengan LEDDO.id Anda cukup menghubungi LEDDO.id di 0822-1000-7667 dan nanti akan ada tim project yang akan membantu Anda untuk membahas lebih detail mengenai pekerjaan project yang sedang ditangani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: