lampu-led

Perbandingan Lampu Pijar, Neon, dan LED Leave a comment

Ada banyak jenis lampu yang diperjual belikan di Indonesia dari waktu ke waktu. Mulai dari lampu pijar, lampu neon, hingga lampu LED. Lalu, apakah yang membedakan lampu- lampu tersebut? Kali ini leddo.id akan membahas mengenai perbandingan dari lampu pijar, neon, dan LED.

  1. Lampu Pijar

Lampu pijar adalah lampu yang cahayanya dihasilkan melalui filamen. Filamen pada lampu pijar dilindungi oleh kaca untuk menjaga filamen tetap panas. Harga lampu pijar sangat murah, namun energi yang diperlukan untuk menyalakan lampu ini cukup besar, sehingga membuat biaya listrik boros. Selain itu juga, filamen dari lampu pijar menghasilkan panas yang membuat suhu di ruangan menjadi bertambah panas, dan umur lampu pijar sangat singkat, hanya bertahan 3-4 bulan saja.

  1. Lampu Neon

Lampu neon atau lampu TL adalah lampu yang mempergunakan listrik untuk mengeksitasi uap raksa sehingga mengeluarkan cahaya yang terang. uap raksa yang berada di dalam lampu neon akan menghasilkan gelombang cahaya ultraviolet yang mengakibatkan lapisan fosfor berpendar dan menghasilkan cahaya. lampu neon ini ada yang berbentuk memanjang, spiral, dan vertikal dengan fitting seperti lampu pijar. lampu ini lebih hemat energi dari lampu pijar dan juga mempunyai cahaya yang lebih terang.

  1. Lampu LED

Penelitian lampu LED dimulai tahun 1960an, lampu ini berteknologi dioda pemancar cahaya dan tidak menghasilkan banyak panas. Lampu LED lebih hemat dari lampu pijar maupun neon, serta lebih ramah lingkungan karena dalam lampu LED tidak ada logam berat seperti yang ada di lampu neon. karena lampu ini lebih unggul dari dari jenis lampu lainnya, harga lampu LED lebih mahal dari lampu jenis lainnya. Namun, ini sebanding dengan umur lampu yang lebih panjang dari lampu lainnya dan cahaya yang dihasilkan oleh lampu LED juga lebih terang dan memiliki banyak warna. Lampu LED sekarang sudah menjadi pilihan bagi banyak orang karena hemat energinya.

Itulah beberapa jenis lampu beserta penjelasan singkatnya. Untuk rekomendasi lampu LED yang hemat energi dan sesuai dengan kebutuhan Anda, dapat mengunjungi website leddo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: