Perbarui & Maksimalkan Tampilan Interior dengan Tata Pencahayaan Ini Leave a comment

Tampilan dari sebuah bangunan tak hanya dinilai dari tampilan luarnya saja, namun juga dari tampilan dalam dari setiap ruangan yang dimiliki oleh bangunan tersebut. Untuk itulah agar penampilan bangunan terlihat lebih maksimal dibutuhkan penataan pada tampilan dalam ruangan atau yang biasa disebut dengan interior. Ada banyak cara dan kreasi yang dapat Anda lakukan dalam menata interior sebuah bangunan, mulai dari mengganti furniture dengan yang lebih terbaru hingga menyesuaikan konsep pencahayaan dengan konsep teranyar yang Anda inginkan.

Setiap perubahan yang dilakukan dalam penataan interior perlu disesuaikan sehingga perubahan tersebut masih senada dengan konsep dan fungsi bangunan. Namun tak jarang juga desainer interior yang berkreasi dengan menciptakan konsep tersendiri yang cukup berbeda dari konsep bangunan untuk memberikan kesan yang berbeda pada setiap ruang.

Dari sekian banyak penataan yang dapat dilakukan untuk membuat tampilan interior menjadi lebih menarik, penataan pencahayaan pada interior juga memiliki pengaruh yang besar bagi interior tersebut. meskipun pencahayaan merupakan salah satu bagian pelengkap bagi sebuah interior namun jika penataan pencahayaan kurang tepat maka ruangan tersebut akan tercipta kesan yang berbeda.

Besarnya pengaruh pencahayaan pada sebuah ruangan inilah yang membuat penataan interior menjadi tampak lebih spesial. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat penataan interior menjadi lebih maksimal dengan pencahayaan:

Sumber: happycastle.co

  • Maksimalkan kedua jenis pencahayaan

Pencahayaan pada interior tak hanya dilihat dari pencahayaan buatan saja, namun juga perlu dilihat dari pencahayaan alami. Hal yang dapat Anda lakukan untuk memaksimalkan kedua jenis pencahayaan ini adalah dengan cara memperhatikan konsep yang Anda buat dan tentukan di area mana saja yang memerlukan pancaran sinar matahari sebagai pencahayaan alami dan di area mana saja yang perlu disinari oleh lampu khususnya pada malam hari.

 

  • Gunakan layer pencahayaan

Selain mengombinasikan kedua jenis pencahayaan, Anda juga perlu menggunakan layer pencahayaan pada ruangan, hal ini digunakan agar fungsi pencahayaan pada ruangan tersebut dapat bekerja secara maksimal. Menggunakan layer pencahayaan juga dapat menghemat energi listrik yang digunakan dan dapat mempermudah dalam melakukan aktivitas yang dilakukan di ruangan tersebut.

Sumber: DALS

  • Sesuaikan warna cahaya yang digunakan

Karena setiap ruang dalam sebuah bangunan memiliki fungsi yang berbeda maka warna cahaya lampu yang digunakan pada ruangan tersebut juga perlu disesuaikan dan diseragamkan. Sesuaikan warna cahaya yang digunakan pada setiap layer pencahayaan sehingga dapat terlihat senada. Misalnya apabila Anda menggunakan warna cahaya natural white pada general lighting, maka Anda bisa menggunakan warna cahaya warm white pada task lighting atau accent lighting sebagai pemanis. Dengan begitu layer pencahayaan yang Anda aplikasikan pada ruangan juga dapat berfungsi secara maksimal.

 

Dengan ketiga cara diatas yang telah dijelaskan secara singkat diaplikasikan dengan baik, maka fungsi ruangan tersebut dapat bekerja secara maksimal. Agar lebih maksimal dalam menata pencahayaan pada sebuah ruangan bangunan dan agar hasil pencahayaan yang Anda inginkan dapat terealisasikan dengan baik dan sesuai, Anda dapat berdiskusi atau meminta bantuan pada profesional seperti lighting designer atau lighting consultant. Salah satu lighting consultant yang bisa Anda hubungi adalah LEDDO.id. Selain sebagai lighting consultant, LEDDO.id juga dapat membantu Anda untuk memberikan solusi dalam pemilihan jenis pencahayaan dan jenis lampu yang sesuai, LEDDO.id juga dapat membantu Anda dalam melakukan pengawasan pemasangan lampu pada project-project yang sedang Anda kerjakan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai konsultasi dan kerja sama untuk pengerjaan project, Anda dapat menghubungi LEDDO.id melalui telepon/ Whatsapp di 0822-1000-7667. Anda juga dapat mengirim email ke vio@leddo.id dengan melampirkan data kontak yang dapat dihubungi. Kami siap membantu Anda memberikan solusi bagi pencahayaan di project yang sedang Anda kerjakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: