lampu-soro-led-ruangan

Percantik Area Dalam Bangunan dengan Lampu Sorot LED Leave a comment

Ketika berbicara mengenai desain arsitektur atau desain sebuah bangunan tentunya Anda ingin membuat hasil desain tersebut terlihat bagus dan maksimal, sehingga banyak cara yang dilakukan untuk mempercantik tampilan bangunan tersebut.

Namun, untuk membuat sebuah bangunan menjadi tampak menarik tidak hanya membenahi area luar saja, tapi area dalam pun perlu untuk ditata. Penataan area dalam dari sebuah bangunan biasa dikenal dengan nama penataan interior.

Dalam penataan interior, tak hanya dilihat dari penataan furniture saja namun juga penataan semua aspek termasuk warna ruangan, pencahayaan, dan sirkulasi udara yang membentuk suatu keseimbangan sehingga ruangan terasa nyaman untuk dimasuki.

Sama seperti penataan furniture, warna ruangan, dan sirkulasi udara, penataan pencahayaan juga memiliki peran yang penting dalam sebuah area. Jika suatu area baik indoor maupun outdoor tidak dilengkapi dengan pencahayaan yang cukup maka area tidak dapat terlihat/ terekspos dengan baik.

Ada banyak jenis penataan pencahayaan yang bisa Anda aplikasikan pada area dalam bangunan salah satunya adalah dengan menggunakan lampu sorot LED. Jika biasanya Anda hanya menggunakan jenis pencahayaan general, maka sekarang beranilah bermain dengan lampu sorot.

Ada banyak jenis lampu sorot yang bisa Anda temui pada area bangunan, seperti jenis lampu sorot downlight atau yang biasa disebut downlight spot, lampu sorot track atau yang biasa disebut track light, lampu sorot tembak atau yang biasa disebut flood light, dan lampu bohlam sorot seperti MR16, GU10, dan PAR.

Untuk area dalam bangunan atau bagian interior, jenis lampu sorot yang biasa digunakan ada downlight spot, track light, dan jenis lampu bohlam sorot. Lalu bagaimana memaksimalkan bagian interior sebuah bangunan dengan lampu sorot?

Simak beberapa tips penataan pencahayaan dengan lampu sorot berikut ini.

Sumber: archiexpo.com

– Gunakan sudut cahaya yang sesuai

Lampu sorot memiliki variasi sudut cahaya mulai dari 10-36o. Penggunaan variasi sudut cahaya pada lampu sorot ini harus disesuaikan dengan dimensi objek yang akan disorot. Semakin besar dimensi objek yang akan disorot maka sudut cahaya yang diperlukan juga besar.

Sumber: icanxplore.com

– Gunakan jenis lampu sorot yang sesuai

Seperti yang sudah dibahas diatas, bahwa lampu sorot memiliki beberapa macam jenis, banyaknya jenis lampu sorot ini juga didasarkan pada peruntukkan.

Misalnya pada area pertokoan/ retail seperti butik, toko perhiasan, restoran, dan swalayan/ supermarket untuk menyinari beberapa produk unggulan sebaiknya menggunakan lampu sorot jenis track atau yang lebih dikenal dengan track lamp. Kemudian, untuk jenis lampu sorot yang biasa digunakan untuk area residence dan kantor, sebaiknya menggunakan lampu sorot jenis downlight spot.

Untuk menghindari kesalahan dalam pengaplikasian jenis pencahayaan penting bagi Anda untuk menggunakan jenis lampu sorot yang sesuai dengan fungsi ruang dan peruntukkannya.

Sumber: thecubicalviews.com

– Pilih warna cahaya yang sesuai

Selain menggunakan lampu sorot dengan sudut cahaya dan jenis yang sesuai, pemilihan warna cahaya pada lampu sorot juga harus sesuai dengan objek yang akan disinari.

Misalnya, jika Anda ingin menyinari perhiasan maka gunakanlah lampu sorot yang memiliki warna cool white agar perhiasan dapat lebih terlihat bersinar. Sebaliknya, jika Anda ingin menyinari benda seni seperti lukisan, gunakanlah lampu sorot dengan warna warm white untuk memberikan efek dramatis.

Selain ketiga hal yang telah dijabarkan diatas, untuk membuat hasil tampilan menjadi lebih maksimal, gunakanlah lampu LED karena selain lampu LED dikenal dengan energinya yang hemat, lampu sorot LED juga dapat menghasilkan cahaya yang lebih terang dan tajam.

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa saat ini ada banyak sekali jenis lampu sorot yang dapat Anda aplikasikan dalam bangunan yang Anda miliki, begitu juga dengan banyaknya cara untuk mendapatkan lampu sorot yang tepat salah satunya adalah dengan mengunjungi website leddo.id yang menyediakan berbagai macam lampu sorot LED yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Anda juga dapat menghubungi LEDDO.id melalui telepon maupun Whatsapp di 0822-1000-7667 untuk berkonsultasi atau menanyakan jenis lampu LED lainnya yang Anda butuhkan. Kami siap membantu Anda memberikan solusi pencahayaan yang sesuai untuk kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: