tips-penataan-taman

Praktekkan 3 Tips Penataan Ini untuk Area Taman Leave a comment

Taman merupakan area penyeimbang dari suatu area bangunan. Disebut sebagai area penyeimbang adalah karena taman merupakan area yang penuh keasrian disekeliling bangunan- bangunan, sehingga agar tidak terlihat gersang perlu ditambahkan area taman atau pepohonan agar lingkungan menjadi tampak lebih asri.

Namun, dijaman ini terbatasnya area lahan untuk taman di rumah biasanya membuat pemilik menjadi enggan untuk membuat taman dan bingung untuk menata tamannya. Padahal sekecil apapun area taman dapat ditata dengan minimalis dan cantik.

Berikut ini ada 3 tips yang dibagikan oleh Moire Living Interior Designer untuk menata taman kecil di rumah Anda.

tips-penataan-taman-2

Sumber: birdbody.blogspot.com

  1. Pilih jenis tanaman yang tepat

Tahap pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengukur ukuran lahan taman dan menyesuaikannya dengan jenis tanaman yang akan ditanam. Untuk ukuran taman yang tidak terlalu besar, sebaiknya pilihlah tanaman dengan ukuran yang lebih kecil dari luas taman atau yang setara.

Selain itu sesuaikan jenis tanaman dengan karakter tanah dan lingkungan. Anda dapat menanam tanaman hias pada taman yang tergolong kedalam tanaman dengan perawatan yang mudah.

tips-penataan-taman-3

Sumber: pennysaverplus.com

  1. Gunakan tanaman rambat dan vertical garden

Jika area taman Anda terlalu sempit sehingga tidak memiliki ruang yang cukup untuk menanam beberapa tanaman hias di pot tanaman, Anda dapat menggunakan tanaman rambat pada taman untuk menghemat tempat. Tanaman rambat ini juga dapat memberikan aksen estetis natural pada taman, ide lainnya Anda dapat menggunakan vertical garden sebagai penataan taman. Vertical garden ini juga sudah mulai banyak digunakan dibanyak rumah dengan jenis rumah minimalis karena jenis penataan taman ini merupakan taman yang hemat tempat.

tips-penataan-taman-5

Sumber: gardenloversclub.com

  1. Gunakan material alami

Selain menanam tanaman hias, untuk mempercantik taman Anda juga bisa menggunakan material alami seperti batu alam dengan ukuran yang kecil. Usahakan bebatuan yang Anda pilih sebagai penambah kesan natural adalah bebatuan dengan warna yang terang agar terkesan luas.

Selain ketiga tips penataan taman diatas, untuk membuat taman mungil Anda tampak lebih cantik jangan lupa untuk memberikan pencahayaan yang sesuai. Untuk penataan taman biasa, Anda bisa menambahkan beberapa lampu sorot jenis uplight dan flood light yang menyorot kearah tanaman hias dari bawah keatas. Sedangkan untuk jenis penataan taman vertical garden, Anda dapat menambahkan lampu sorot jenis wall washer atau flood light yang disorot dari arah atas ke bawah.

Lampu- lampu sorot yang digunakan pada taman ini bertujuan untuk memberikan efek dramatis pada tanaman- tanaman yang tentunya dapat memperindah area taman.

Sudah memiliki ide/ gambaran dalam menata taman dirumah?

Jika Anda masih bingung dan mengalami kesulitan dalam penataan, baik penataan interior maupun penataan eksterior Anda dapat konsultasikan masalah Anda pada Moire Living dan LEDDO.id yang dapat membantu Anda dalam memberikan solusi penataan ruang dan penataan pencahayaan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kunjungi website leddo.id atau hubungi LEDDO.id di 0822-1000-7667 untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: