interior-rumah

Prinsip Dasar Mendesain Interior Rumah

Sebelum memulai mendesain sebuah interior, Anda perlu memahami terlebih dahulu prinsip dasar pada desain interior yaitu keindahan yang menghasilkan kenyamanan. Jika desain interior yang dibuat hanya mengandalkan keindahan tanpa menghasilkan kenyamanan, maka orang yang baru memasuki ruangan tersebut tidak akan betah berlama- lama. Untuk itu, salah satu hal yang dapat menambah keindahan dan kenyamanan adalah dengan menggunakan prinsip atau konsep pengulangan, dan dalam konsep pengulangan ada beberapa unsur yang diperlukan. Berikut ini adalah beberapa unsur yang diperlukan dalam konsep pengulangan tersebut.

  1. Tekstur atau motif dalam desain interior digunakan sebagai alat atau media desain yang dapat menciptakan sebuah konsep pengulangan. Motif yang digunakan juga bisa bermacam- macam sesuai dengan fokus desainer. Tekstur akan berkaitan erat dengan bahan dan material yang akan digunakan pada interior.
  2. Unsur skala diperlukan dalam penataan perabotan pada interior yang diukur dengan luas ruangan. Pastikan bahwa luas ruangan dengan besar perabotan yang ada tidak timpang, dan skala yang dipakai pas. Permainan skala dengan memanfaatkan penataan perabotan yang baik akan menciptakan konsep interior yang indah dan nyaman.
  3. Selain tekstur dan skala, konsep keindahan dan kenyamanan yang diperlukan yaitu cahaya. Penggunaan cahaya akan berkaitan dengan warna yang akan ditampilkan pada interior. Pencahayaan yang kurang atau berlebihan dapat membuat suasana pada ruangan menjadi berubah dan tidak nyaman. Dalam pencahayaan interior, Anda dapat menggunakan lebih dari satu pencahayaan, Anda dapat mengombinasikan pencahayaan tersebut agar suasana yang diinginkan dapat dirasakan. Misalnya, Anda dapat menggunakan pencahayaan umum dengan warna lampu 4000K dan menggunakan jenis pencahayaan accent lighting dan task lighting dengan warna yang dibawah itu, bisa 3000K atau 2700K. Warna dalam lampu led juga mempengaruhi suasana dan kenyamanan yang diinginkan. Anda dapat menggunakan lampu dengan warna 2700K – 3000K pada interior kamar tidur agar suasana menjadi tenang dan rileks sehingga dapat membantu cepat tidur.

Itulah beberapa prinsip dasar yang perlu Anda ketahui sebelum Anda mendesain interior pada rumah. Anda juga dapat mengunjungi website leddo.id yang memberikan solusi pencahayaan dengan #LampuYangTepat dan #TerangNyaman

 

>> Mengenal Lampu Merkuri

%d bloggers like this: