Ruangan-Bersinar-Terang

Ruangan Bersinar Terang dengan Lumen Lampu LED yang Tepat Leave a comment

Ketika memasuki sebuah ruangan dan lampu dinyalakan tentunya kita berharap bahwa ruangan tersebut menjadi terang, bukan?

Namun bagaimana jadinya kalau lampu diruangan tersebut tidak terang/ redup?

Tentu saja Anda langsung harus cepat- cepat mengganti lampu diruangan itu bukan?

Saat seseorang membeli lampu tentu ia akan bertanya kepada penjual untuk memberikan lampu yang terang, kemudian penjual akan menawarkan kepada Anda berbagai macam jenis lampu, mulai dari jenis lampu konvensional hingga lampu LED dengan watt yang besar.

Namun, apakah lampu dengan watt yang besar mampu menerangi ruangan yang Anda miliki dengan terang yang sempurna?

Ada 3 faktor yang mempengaruhi terang atau tidaknya suatu ruangan meski sudah memakai lampu dengan watt yang besar, yaitu:

denah-rumah

Sumber: lihat.co.id

Ukuran Ruangan

Ukuran ruangan menjadi faktor pertama yang mampu mempengaruhi terang atau tidaknya suatu ruangan. Semakin sempit ukuran suatu ruangan maka semakin kecil pula daya lampu yang dibutuhkan.

Jika Anda ingin menerangi ruangan dengan ukuran yang besar, Anda tidak bisa hanya menggunakan satu titik lampu saja meskipun sudah memakai daya lampu yang besar. Agar sinar yang dihasilkan oleh lampu dapat tersebar dengan baik, diperlukan beberapa titik lampu di dalam suatu ruangan.

ruangan

Sumber: royalboard

Ketinggian Plafon/ Ceiling

Ketinggian plafon suatu ruangan juga dapat mempengaruhi terang tidaknya ruangan. Semakin tinggi plafon maka semakin besar daya lampu yang diperlukan. Umumnya ketinggian plafon pada suatu ruangan adalah 3 – 3,5 meter, namun jika Anda ingin membuat ruangan tersebut terlihat besar, ketinggian plafonnya pun bisa lebih dari 3 ,5 meter.

max-960

Sumber: bestflashlight

Lumen Lampu

Selain ukuran ruangan dan ketinggian plafon, ternyata lumen sebuah lampu juga dapat mempengaruhi terang tidaknya suatu ruangan. Jika biasanya ketika Anda membeli lampu hal yang pertama Anda tanyakan pada penjual adalah “Ada watt yang besar?” dengan harapan ruangan menjadi terang setelah memakai lampu dengan ukuran daya yang besar, ternyata hal tersebut kurang tepat.

Besarnya watt pada lampu ternyata bukanlah acuan untuk dapat membuat ruangan menjadi terang. Namun yang menjadi tolak ukur untuk hasil sinar yang terang adalah lumen.

Lumen merupakan satuan untuk fluks cahaya. Lumen digunakan untuk mengukur jumlah total cahaya yang terlihat yang dipancarkan dari sebuah sumber cahaya. Sederhananya, lumen merupakan satuan terang gelapnya cahaya yang dihasilkan oleh sumber cahaya, seperti lampu.

Semakin besar nilai lumen yang dimiliki oleh lampu, maka cahaya yang dihasilkan semakin terang. Setiap lampu memiliki lumen yang berbeda- beda, setiap produsen lampu pun memproduksi lampu dengan nilai lumen yang berbeda.

Meskipun watt yang dimiliki oleh suatu lampu kecil, namun bisa saja lumen yang dimilikinya lebih besar dibanding dengan watt lampu yang besar.

Setelah mengetahui ukuran luas ruangan dan ketinggian plafon, Anda dapat menentukan jenis lampu yang akan Anda gunakan. Jika Anda ingin ruangan terlihat lebih terang, sangat disarankan untuk menggunakan jenis lampu LED karena lampu LED memiliki nilai lumen yang lebih tinggi dibanding jenis lampu konvensional dengan daya yang lebih kecil dari lampu konvensional. Karena itulah lampu LED dikenal dengan cahayanya yang lebih terang dibanding dengan lampu konvensional.

Lalu, bagaimana cara Anda menemukan jenis lampu LED yang tepat bagi ruangan?

Sebelum membeli, Anda dapat melihat kotak pembungkus/ kardus yang ada pada lampu, dan perhatikan spesifikasi yang dimiliki oleh lampu tersebut baik- baik, kemudian tanyakan pada penjual apakah ada lampu lain dan Anda dapat membandingkannya.

Selain itu, Anda juga dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan konsultan pencahayaan seperti LEDDO.id. LEDDO.id dapat membantu Anda untuk menjelaskan spesifikasi dan keunggulan lampu dengan yang Anda butuhkan, kemudian LEDDO.id juga dapat membantu Anda memilihkan lampu yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Disamping itu, jika Anda masih ragu dengan jenis lampu mana yang Anda perlukan, LEDDO.id dapat membantu Anda dalam mensimulasikan pencahayaan pada ruangan yang akan dipasang lampu, LEDDO.id juga memberikan layanan site visit untuk melihat langsung lokasi yang akan diaplikasikan lampu.

Caranya cukup mudah, Anda dapat mengunjungi website leddo.id atau menghubungi LEDDO.id melalui email di vio@leddo.id dan melalui telepon atau Whatsapp ke 0822-1000-7667.

Kami siap membantu Anda memberikan solusi pencahayaan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: