lampu-hemat-listrik

Siapakah Lampu yang Paling Hemat Listrik? Leave a comment

Diantara banyaknya jenis lampu, ada beberapa jenis lampu yang mengklaim bahwa dirinya adalah lampu hemat listrik atau lampu hemat energi, seperti lampu CFL dan LED. Namun, siapakah diantara lampu tersebut yang benar- benar hemat energi? Simak penjelasan singkatnya berikut ini.

  1. Lampu CFL. Lampu CFL (Compact Fluorescent Light) adalah salah satu jenis lampu neon yang dihasilkan dari proses fluoresensi cahaya (pemancaran radiasi cahaya). Perbedaan lampu ini dengan lampu neon biasa adalah lampu CFL ini hanya menggunakan sekitar seperempat energi dan dapat bertahan sepuluh kali lebih lama. Sedangkan untuk material yang membentuk lampu CFL ini sama dengan lampu neon yaitu terdapat gas merkuri dan argon. Keunggulan dari lampu ini adalah menggunakan listrik 75% lebih sedikit dibanding lampu pijar dan mempunyai umur lampu 10 kali lebih lama, selain itu harga lampu CFL relatif murah, dan penggunaannya di rumah dapat mengurangi emisi efek rumah kaca.
  2. Lampu LED. LED atau Light Emitting Diode adalah jenis lampu semi konduktor yang dapat merubah energi listrik menjadi cahaya. Lampu LED ini merupakan jenis lampu padat yang didalamnya tidak ada gas ataupun zat kimia. Karena lampu ini tidak menggunakan filamen dalam menghasilkan cahayanya maka lampu LED menghasilkan intensitas cahaya yang baik dari jenis lampu lainnya. Keunggulan yang dimiliki oleh lampu LED yaitu lampu LED mampu mencapai terang maksimal tanpa adanya proses pemanasan seperti yang terjadi pada lampu CFL, lampu ini juga sangat ramah lingkungan karena tidak mengandung dan menghasilkan material yang berbahaya, memiliki umur lampu yang lebih panjang dibanding jenis lampu lainnya, dan yang paling penting adalah lampu LED dapat menghemat listrik sekitar 80-90% dari lampu jenis lainnya.

Setelah membaca penjelasan singkat diatas, tentunya Anda sudah mengetahui lampu mana yang lebih hemat listrik, kan? Jika Anda masih ragu, Anda dapat menghitung perbandingannya sendiri dengan cara mengalikan daya lampu listrik dengan lama pemakaian, kemudian hasilnya dikalikan dengan tarif dasar listrik rumah.

Meskipun lampu LED terkenal dengan harganya yang relatif mahal, Anda tidak perlu khawatir karena leddo.id menyediakan berbagai lampu LED dengan harga yang murah namun berkualitas dan dengan cahaya lampu yang #TerangNyaman.

 

>> Perawatan Lampu Hias

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: