sudut-lampu-kamar

Sudut Lampu Tepat dan Harga Bersahabat dengan 3 Cara Leave a comment

Sering kali kita merasa suasana ruangan yang kita miliki sangatlah gelap. Menurut tradisi Tionghoa, ruangan gelap itu sangatlah tidak baik untuk beraktivitas. Ya, mungkin secara psikologi ruangan gelap sering menimbulkan rasa takut dan tampak suram.

Oleh karena itulah, cahaya sangatlah penting bagi kehidupan kita, terutama untuk menunjang berbagai aktivitas. Cahaya sangat bersahabat bagi aktivitas, terutama aktivitas yang membutuhkan ketelitian seperti menulis, menjahit, memasak dan lain sebagainya.

Dengan lighting pula, segala desain dan juga furniture pada bangunan Anda akan tampak lebih mewah. Lighting yang tepat akan mengeluarkan warna asli sebuah furniture. Tak hanya warna, tapi juga bentuk, tekstur dan lain sebagainya. Berikut ini LEDDO.id akan membagikan beberapa tips pencahayaan untuk Anda agar tidak menciptakan suasana yang gelap.

Cahaya di semua sudut

Cahaya di semua sudut bukan berarti semua area di dalam ruangan diberikan titik lampu. Itu justru akan membuat ruangan Anda over bright. Cahaya di semua sudut maksudnya memiliki terang yang merata. Untuk menciptakan hal tersebut, Anda dapat menggunakan tipe lampu general light yang memiliki sudut/beam angle yang lebar sehingga cahaya yang menyebar rata. Apa itu sudut dan beam angle? Akan kita bahas di akhir artikle ya.

Tak hanya lampu general, Anda juga dapat memberikan berbagai lampu-lampu spot untuk sumber cahaya tambahan agar ruangan tidak monoton dan memiliki layer, namun tetap tidak terasa gelap. Anda bisa mengkombinasikan keduanya menjadi sebuah pencahayaan yang indah namun tidak terasa gelap.

ruang-tamu-22

Sumber: forgiehomestaging.com

Furnitur bernuansa cerah

Perabotan di rumah juga ternyata sangat berpengaruh terhadap kesan gelap yang mungkin akan diciptakan. Warna furniture yang gelap akan membuat suasana menjadi gelap pula. Oleh karena itu, jika ingin kesan ruangan lebih terang, Anda dapat memberikan warna terang pada ruangan gelap agar terlihat lebih cerah. Furnitur berwarna terang memantulkan cahaya dan membuat ruangan gelap menjadi lebih ceria.

Untuk unsur kayu, Anda tak perlu khawatir karena sekarang sudah banyak pilihan warna bagi tekstur kayu. Light wood atau kayu putih bisa dijadikan pilihan yang tepat untuk Anda. Anda juga dapat mem-furnish ulang furnitur dengan bentuk dan g warna putih hingga permukaannya tampak mengkilap.

Selain itu, Anda juga bisa memilih nuansa pastel cerah. Warna kuning lembut di siang hari yang senada dengan cahaya matahari dari jendela. Efek dinding tersebut bisa Anda gunakan untuk efek-efek dramatis dan layer-layer yang tidak monoton dari lighting.Terkadang kita hanya terpaku pada harga lampu LED yang mahal tanpa mengetahui fungsi dan keunggulan bahkan efek yang diberikan dari lampu tersebut.

Sumber: aliexpress.com

Permainan plafon

Ruangan tidak terlalu terpatok dengan warna plafon. Anda dapat menggunakan plafon dengan warna gelap untuk menciptakan ambience yang hangat dalam dalam ruangan. Hal ini bisa digunakan jika ruangan digunakan untuk bersantai. Namun, harus dipadukan dengan cahaya yang sangat maksimal.

Anda juga bisa memadukannya dengan wall washer lamp pada dinding agar lebih terang. Atau bisa juga dengan pilihan Lampu spot yang menghasilkan kecerahan ekstra. Pilihan lampu ini sangat cocok jika diletakkan di plafon berwarna agak gelap seperti abu-abu.

Itulah berbagai tips agar ruangan tidak terasa gelap. Tentu saja dengan pencahayaan yang maksimal. Mungkin Anda bingung, mengapa di bangunan Anda memiliki banyak titik lampu namun masih saja ada yang kurang nyaman. Mungkin karena aplikasi yang kurang tepat.

Pada poin pertama pembahasan di atas, ada istilah lighting yang mungkin sedikit asing. Ya, beam angle. Apa itu beam angle? Seperti yang dilansir dari ‘Indonesian LED” bahwa Beam angle adalah besarnya derajat dari suatu sumber cahaya.

Gunakan lampu dengan beam angle yang sempit apabila anda memerlukannya untuk menerangi suatu objek, dan gunakan angle yang lebar apabila anda memerlukannya sebagai sumber cahaya utama. Dengan kata lain beam angle adalah sudut yang dimiliki lampu untuk mengetahui penyebaran cahaya. Nah hal ini sangat diperlukan agar kita tahu berapa titik lampu yang cocok untuk suatu ruangan. Berdasarkan beam angle kita dapat mengetahui titik lampu, ambience, fungsi lampu itu dan juga aplikasi lampu itu.

Itulah berbagai macam tips dan juga edukasi lighting tentang sudut/beam angle. Ternyata, lighting yang mungkin sering diabaikan ini memiliki edukasi yang sangat luas. Oleh karena itu, jangan sembarang pilih toko lampu karena harga lampu LED yang murah. Tapi pilihlah LEDDO.id karena dapat menjadi solusi bagi kebutuhan lighting pada bangunan Anda.

Banner-cara-beli

Tak hanya menyediakan berbagai produk lampu LED saja. LEDDO.id juga membantu Anda untuk mendesain titik lampu yang sesuai dengan ambience, suasana dan juga tema yang Anda inginkan di pada bangunan yang sedang Anda kerjakan. LEDDO.id juga sangat bersedia membantu setiap proyek yang mungkin dikerjakan oleh Anda para interior design. Kami siap membantu membuat setiap gambar 3D yang Anda buat menjadi lebih hidup. Pelayanan kami ini sangat cocok juga untuk Anda para kontraktor yang sedang mengerjakan proyek pembangunan dan memerlukan produk pencahayaan dalam jumlah yang banyak. Kami dapat membantu Anda untuk menentukan titik lampu yang tepat, sehingga Anda dapat mengeluarkan biaya yang efektif dalam pencahayaan. Selain itu, LEDDO.id juga tidak sembarangan dalam memberikan desain, kami juga melengkapinya dengan simulasi lighting yang akan disesuaikan dengan kebutuhan dan ambience yang Anda inginkan.

Hubungi LEDDO.id sekarang juga karena kami akan memberikan solusi untuk menjawab segala pertanyaan dan keluhan Anda. Klik website kami di LEDDO.id atau hubungi Vio sebagai virtual assistant kami di 0822 1000 7667, Vio dapat membantu Anda dalam menyampaikan informasi produk dan juga berbagai layanan di LEDDO.id. Dapat juga email ke vio@leddo.id. Kami siap menjadi jawaban dari semua permasalahan Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: