lampu-jalan-led

Terangi Jalan dengan Lampu Jalan LED Leave a comment

Lampu jalan adalah lampu yang digunakan untuk penerangan jalan dimalam hari, sehingga para pengguna jalan dapat melihat dengan jelas jalan yang dilalui sehingga keselamatan berlalu lintas tetap terjaga. Lampu jalan atau yang lebih sering dikenal dengan penerangan jalan umum selama ini mengonsumsi banyak energi listrik yang menjadi beban tersendiri bagi PLN, karena lampu jalan di Indonesia masih menggunakan lampu jalan konvensional yang tentunya menghabiskan energi yang cukup banyak.

Untuk melakukan penghematan energi, PLN saat ini sudah mulai menggunakan lampu jalan LED sebagai penerangan dan juga tenaga surya sebagai sumber energi yang digunakan. Seiring dengan berkembangnya kemajuan manusia dan teknologi, maka energi yang butuhkan juga akan semakin banyak. Tentunya ini juga berpengaruh pada kebutuhan listrik yang terus semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Karena peningkatan akan berbagai kebutuhan terus terjadi, muncullah isu untuk melakukan penghematan energi, dan penghematan lampu jalanlah yang menjadi salah satu solusinya. Jepang adalah negara pertama yang mengganti lampu jalan mereka dengan lampu jalan LED dan ini terbukti menghemat tagihan listrik pemerintah sekitar 88% dibandingkan saat lampu jalan masih menggunakan lampu konvensional yang berbahan merkuri.

Seiring berkembangnya teknologi, muncullah teknologi panel surya yang juga dapat menghemat listrik untuk lampu jalan. Kemudian lampu jalan LED digabungkan dengan panel surya ini untuk digunakan sebagai penerangan lampu jalan yang hemat energi. Ada beberapa keunggulan yang diperoleh dengan menggunakan lampu jalan LED dan panel surya, diantaranya sebagai berikut.

  1. Penggunaan listrik yang kecil karena lampu jalan menggunakan lampu jalan LED yang tentunya hanya membutuhkan daya yang lebih kecil dibanding dengan jenis lampu lain.
  2. Umur lampu yang panjang. Lampu LED yang tidak memakai filamen dan gas- gas lainnya membuat lampu LED memiliki umur lampu yang lebih lama dibanding dengan jenis lampu lainnya. Sehingga cocok sekali digunakan sebagai penerang pada lampu jalan.
  3. Biaya operasional yang murah. Karena listrik yang dikonsumsi oleh lampu LED ini sangat sedikit, maka akan menjadikan biaya operasional yang murah.

Itulah sedikit penjelasan mengenai lampu jalan LED yang secara otomatis juga membuat kita untuk beralih menggunakan lampu LED yang hemat energi dan hemat listrik. Anda juga dapat mengunjungi website leddo.id yang menyediakan berbagai macam lampu LED dengan cahaya yang #TerangNyaman.

>> Baca Juga Lampu Gantung Minimalis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: