lampu-hotel

Tips Pencahayaan Hotel

Menginap di hotel yang mempunyai pencahayaan yang baik tentunya akan membuat tamu hotel menjadi betah dan merasa nyaman untuk melepas lelah dan beristirahat. Hotel merupakan rumah kedua bagi para tamu yang khususnya sering melakukan perjalanan jauh dan memerlukan tempat menginap.

Untuk itu, para pengelola hotel seharusnya memerhatikan beberapa hal termasuk soal pencahayaan yang ada di hotel. Pencahayaan hotel tidak hanya berbicara untuk pencahayaan pada kamarnya saja, namun juga pencahayaan secara keseluruhan hotel. Berikut ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk membuat pencahayaan hotel Anda semakin bagus.

  1. Konsultasikan kepada konsultan pencahayaan atau perancang pencahayaan (lighting planner). Masih banyak pemilik hotel atau pengelola hotel menanyakan masalah tata letak dan desain pencahayaan pada teknisi listrik yang berarti gaya yang dihasilkan dari pendapat teknisi listrik tidak selalu yang bagus. Memang tidak menutup kemungkinan jika teknisi juga ada yang mengerti tentang tata letak lampu, tapi sebaiknya Anda berkonsultasi masalah tata letak pencahayaan dan desainnya pada konsultan pencahayaan.
  2. Adaptasi pencahayaan. Ini adalah suatu cara untuk mengubah pandangan atau suasana di suatu tempat dengan menggunakan pencahayaan. Misalnya, pada saat pagi hari Anda dapat menggunakan pencahayaan yang sejuk saat sarapan pagi, dan untuk malam hari untuk menciptakan suasana yang nyaman dan romantic, Anda dapat menggunakan pencahayaan yang hangat. Jika hotel memiliki bar atau lounge Anda dapat menggunakan pencahayaan kontras bila sedang tidak digunakan. Pencahayaan harus disesuaikan agar sesuai dengan perubahan pada penggunaan setiap ruangan dari hotel.
  3. Jaga konsep yang Anda miliki. Pada saat ingin membangun hotel, Anda pasti memiliki konsep bagi hotel tersebut, entah itu berkonsep tradisional, modern minimalis, maupun yang berkonsep mewah. Anda harus menjaga konsep itu dalam pencahayaan, karena konsep ruangan juga mempengaruhi pencahayaan yang akan Anda gunakan. Ini berlaku bagi semua ruangan hotel termasuk kamar hotel. Pencahayan juga digunakan untuk menyorot benda- benda berseni yang terpajang di berbagai sudut ruangan hotel.
  4. Pastikan semua area hotel memiliki pencahayaan yang baik. Sering kali ada beberapa area hotel yang minim dalam masalah pencahayaan, seperti area koridor hotel. Padahal, koridor merupakan area yang penting bagi para tamu dalam mencari kamar hotelnya. Pencahayaan pada koridor hotel digunakan untuk membantu orientasi seperti sebagai penunjuk arah tertentu. Sehingga seharusnya tidak ada perbedaan yang besar dalam pencahayaan ini.
  5. Berpikir efisien menggunakan LED. Saat ini banyak orang sudah beralih menggunakan lampu LED, untuk itu ada baiknya Anda juga menggunakan lampu LED dengan manfaat energi yang sangat jelas sehingga dapat membantu meringankan biaya produksi bagi hotel.

Itulah beberapa tips mengenai pencahayaan pada hotel yang dapat leddo.id bagikan. Tetap untuk selalu memilih #LampuYangTepat dan cahaya yang #TerangNyaman agar segala aktifitas menjadi nyaman dan menyenangkan. Kunjungi juga website leddo.id yang menyediakan berbagai macam lampu LED yang dapat Anda gunakan pada kehidupan Anda.

>> Jenis Interior Lighting

>> Lampu Hias Ruang Tamu

%d bloggers like this: