penataan-rumah

Tips Pencahayaan pada Penataan Rumah

Salah satu unsur penting pada desain interior adalah pencahayaan, baik pencahayaan alami maupun pencahayaan buatan. Pencahayaan dinilai penting karena pencahayaan dapat memberikan nuansa yang berbeda sehingga dapat mempengaruhi mood saat memasuki ruangan tersebut. Untuk itu, kali ini leddo.id akan membagikan tips pencahayaan pada penataan rumah.

  1. Pada ruang keluarga gunakan pencahayaan yang dapat menciptakan kenyamanan, ini karena ruang keluarga merupakan ruang yang penuh keakraban, semua anggota keluarga berkumpul dan menghabiskan waktu secara bersama. Anda dapat menggunakan pencahayaan dengan warna lampu putih atau putih kekuningan agar membuat suasana menjadi ceria dan hangat.
  2. Untuk pencahayaan pada kamar tidur, sebaiknya Anda menggunakan pencahayaan dengan warna lampu kuning yang memberikan kesan tenang, rileks, dan dapat membuat Anda tidur lebih cepat dan nyenyak. Namun, jika lampu yang dipasang terlalu banyak, walaupun warnanya kuning tetap akan dapat mengganggu kenyamanan saat tidur sehingga penataan lampu pada kamar tidur juga perlu diperhatikan.
  3. Pencahayaan kamar mandi juga perlu diperhatikan. Tidak hanya sekedar terang, lampu led yang digunakan pada kamar mandi juga harusnya lampu khusus yang tahan terhadap kelembaban dan percikan air. Warna lampu yang dapat Anda gunakan pada kamar mandi yaitu putih yang dapat mencerahkan sehingga Anda dapat melihat sekitar dengan jelas dan kuning yang dapat memberikan kesan mewah dan elegan.
  4. Pada bagian dapur, pencahayaan juga merupakan hal yang penting dan perlu diperhatikan, untuk itu Anda dapat menggunakan beberapa jenis pencahayaan pada ruangan ini. Pencahayaan khusus berupa accent lighting dan task lighting dapat Anda aplikasikan untuk membantu Anda dalam memasak dan menyiapkan makanan di dapur. Pemilihan lampu pada bagian dapur juga diperlukan, disarankan untuk memilih lampu dengan nilai CRI 80 yang dapat mengeluarkan warna asli pada benda yang disinarinya.
  5. Selain penggunaan cahaya lampu, Anda juga dapat menggunakan cermin sebagai pembias cahaya dari lampu yang digunakan. Anda dapat meletakkan atau menggantungkan cermin diruangan- ruangan tertentu seperti ruang tamu, lorong rumah, kamar tidur, dan kamar mandi. Perhatikan juga peletakkan cermin agar cahaya yang dibiaskan dapat terbias dengan sempurna.

Itulah beberapa tips pencahayaan yang dapat Anda aplikasikan pada penataan rumah Anda. Jika Anda membutuhkan solusi pencahayaan, Anda dapat mengunjungi website leddo.id dan menghubungi leddo.id yang memberikan solusi pencahayaan dengan #LampuYangTepat dan #TerangNyaman serta sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

>> Mengenal Lampu Merkuri

%d bloggers like this: